Bahaya Asam Urat Bagi Ibu Hamil


Bahaya Asam Urat Bagi Ibu Hamil - Memiliki kadar asam urat tinggi umumnya terkait pada orang yang memiliki asam urat, dianggap sebagai bentuk arthritis.
Banyak orang harus sadar bahwa peningkatan asam urat pada kehamilan juga hal penting. Wanita hamil dengan kadar asam tinggi ini dapat berisiko terkena diabetes dan hipertensi gestasional.
Tubuh menghasilkan senyawa penting yang disebut purin. Purine adalah bagian penting dari sistem manusia karena dipecah menjadi asam urat.
Proses alami ini membantu menjaga tingkat normal asam urat dalam tubuh. Ginjal adalah salah satu yang mengeluarkan sebagian besar asam ini dari tubuh melalui urine.
Bila tubuh memiliki kadar asam ini yang abnormal, ginjal mungkin tidak dapat secara efisien mengeluarkannya dari tubuh yang menyebabkan akumulasi ini dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan hyperuricemia atau bahkan asam urat.
Bahaya Asam Urat Pada Ibu Hamil
Jika wanita memiliki peningkatan asam urat pada kehamilan, ada risiko lebih tinggi bagi mereka untuk mengalami komplikasi. Selama 20 minggu pertama, kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan wanita berisiko preeklamsia dan diabetes gestasional.
Preeklampsia adalah komplikasi selama kehamilan dimana ibu yang diharapkan dapat memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dapat merusak sistem organ tubuh, dan yang paling sering terkena adalah ginjal.
Risiko lain yang disebabkan oleh peningkatan asam urat pada kehamilan adalah gestational diabetes. Dalam kasus ini, tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan jumlah hormon insulin yang dibutuhkan dengan benar dalam membantu mengatur gula darah.
Dengan adanya komplikasi tersebut, bayi yang belum lahir juga bisa mengembangkan gula darah tinggi karena peningkatan kadar glukosa dalam aliran darah bisa masuk ke plasenta.
Tubuh secara alami membakar kelebihan glukosa untuk energi, namun dalam situasi ini, lemak menjadi lemak yang tersimpan di tubuh bayi.
Kondisi seperti itu bisa membawa berbagai masalah kesehatan pada janin. Ini termasuk kesulitan bernapas setelah lahir dan kemungkinan lebih tinggi untuk menjadi gemuk. Efek yang lebih serius juga bisa memiliki diabetes tipe 2.
Jika ibu mengalami preeklampsia, ini bisa menyebabkan persalinan yang rumit. Jika kondisi ini tidak diobati sesegera mungkin, bisa terjadi komplikasi yang lebih serius atau malah bisa berakibat fatal bagi ibu dan bayinya.
Itulah bahaya asam urat pada ibu hamil yang harus Anda ketahui. Untuk itu Keluarga dan individu harus lebih waspada terhadap kondisi ini karena pihak yang terkena dampak tidak hanya satu pihak tapi pada ibu dan janin.
Nah Anda yang sedang hamil tidak perlu khawatir, gunakan obat alami asam urat berikut yang aman bagi ibu hamil.
Pengobatan Asam Urat Pada Ibu Hamil
Dibiarkan tidak diobati, asam urat pada ibu hamil bisa berakibat fatal bagi Anda dan bayi Anda. Umumnya penderita asam urat memang diharuskan untuk mengontrol asupan makanan. Jika kadar asam urat melebihi ambang batas normal, maka asam urat akan menumpuk di areal persendian. Kemudian asam urat akan berbentuk kristal yang membuat rasa sakit hebat kala persendian digerakkan.
Rasa sakit ini tentunya mengganggu masa kehamilan Anda. Karena membatasi aktifitas dan pergerakan Anda. Untuk mengobatinya, sebaiknya pilih-pilih jenis karbohidrat. Karbohidrat olahan seperti roti dan pasta memiliki purin sangat sedikit. Sebaliknya, fokus pada karbohidrat yang sehat dengan serat tinggi seperti gandum, ubi jalar, kacang-kacangan (tidak terlalu sering), dan sayuran.
Nah itu dia bahaya asam urat bagi ibu hamil, semoga artikel kali ini menambah wawasan bagi Anda khususnya ibu hamil. Salam sehat.

0 Response to "Bahaya Asam Urat Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment